Lazada Indonesia

6 Makanan Khas Saat Ramadhan Di Dunia

http://img.hipwee.com/cdn/wp-content/uploads/2015/06/sQKIx1mjP9-750x422.jpg?c47608

Bulan puasa atau Ramadhan adalah bulan yang dinanti-nantikan oleh seluruh umat Islam di dunia, bulan yang penuh berkah dan ampunan dari segala dosa-dosa dimasa lalu. Apalagi bulan puasa ini hanya datang 1 kali dalam setahun kalender, tentu saja tidak akan dilewatkan keberkahannya begitu saja. Nah karena bulan puasa ini sangat istimewa, tentu saja tidak bisa lepas dari menu makanan yang istimewa juga untuk disajikan dalam menyambut bulan nan suci ini.

Makanan khas tersebut biasanya disantap sebagai menu berbuka puasa, tentu saja sebagian besar memiliki rasa yang manis, karena hal tersebut sangat dianjurkan untuk berbuka puasa dengan yang manis-manis, agar tubuh tidak terlalu lemas setelah seharian berpuasa. 

Diberbagai negara terdapat beberapa makanan khas yang hanya ada pada saat bulan puasa saja, di negara kita ini juga tidak ketinggalan dengan makanan khas bulan puasanya. ada bermacam-macam takjil yang banyak dijual oleh beberapa pedagang, khususnya pedagang musiman yang juga muncul hanya saat jelang berbuka puasa saja.

Lalu apa menu kesukaan Anda untuk berbuka puasa?? Es kelapa muda? Atau hanya sekedar gorengan dan sambal saja?? Hehehe.. Masih banyak bermacam-macam takjil dengan berbagai bentuk dan rasa yang ditawarkan oleh para pedagang yang menjualnya.
Nah berikut adalah beberapa makanan khas dari berbagai negara saat bulan puasa, seperti :

1. Fruit Chaat, yang berasal dari India dan Pakistan.

 http://static.palingseru.com/2014/06/fruit-chaat-pakistan-dan-india-utara.jpg

Santapan berbuka puasa ini sekilas memang mirip dengan salad, namun terdapat perbedaan pada sausnya, jika salad menggunakan saus mayones, sedangkan pada fruit chaat menggunakan bumbu dari rempah-rempah. Tentu saja dengan aroma rempah-rempah tersebut membuat santapan ini memiliki rasa yang khas juga. Fruit chaat biasanya menggunakan potongan buah pisang, jeruk, pepaya, nanas, apel, anggur, delima dan kentang yang telah dikukus.

2. Lham Lahlou, yang berasal dari Algeria.

 https://s-media-cache-ak0.pinimg.com/736x/0e/52/c9/0e52c9d5e7fa0cc753f4c0cc2e098308.jpg

Makanan ini sangat populer di Algeria, terbuat dari daging domba dan campuran buah prune, dengan bumbu kunyit sebagai kuahnya. Makanan ini memiliki rasa yang khas dari daging dombanya yang bercampur dengan  rasa manis dari buah prune. Masyarakat Algeria biasanya berbuka dahulu dengan buah kurma dan kemudian dilanjutkan dengan menyantap makanan lham lhalou ini.

3. Sawine, yang berasal dari Trinidad & Tobago.

http://static.flickr.com/79/207027052_19501da6a6.jpg

Makanan khas dari Tinidad & Tobago ini terbuat dari bihun dan kacang-kacangan yang diberi kuah dari campuran susu dan berbagai rempah-rempah seperti jahe dan kayu manis. Rasanya tentu saja khas dengan rempah-rempah tersebut, serta manis dan renyah. Biasanya makanan ini disajikan pada saat masih panas.

4. Batata Harra, yang berasal dari Lebanon.

 https://41.media.tumblr.com/tumblr_lp4w7hIQqV1qgss4to1_500.jpg

Makanan ini sangat populer juga di masyarakat Lebanon, batata harra merupakan menua sajian berupa kentang goreng, tentu saja makanan terbuat dari kentang, paprika merah, ketumbar, cabai dan bawang putih yang digoreng menggunakan minyak zaitun.

5. Ful Medames, yang berasal dari Mesir.

http://www.fulfillinglifenews.com/wp-content/uploads/sites/615/2015/05/ful_medames.jpg

Makanan ini sebenarnya sangat populer di berbagai negara di Timur Tengah, namun konon makanan ini awalnya berasal dari Sudan dan Mesir. Makanan ini terbuat dari kacang fava, dengan minyak sayur, jintan, peterseli, bawang merah, bawang putih dan perasan air lemon.
Masyarakat umumnya menyantap makanan ini sebagai sarapan pagi karena kandungan gizinya yang lengkap, namun pada saat bulan puasa seperti saat ini, mereka menyantapnya sebagai menu berbuka puasa.

6. Harira, yang berasal dari Maroko.

http://tapasbar-centwich.nl/wp-content/uploads/2015/06/harira-july-2012.jpg

Harira merupakan sup yang terbuat dari rebusan cincangan daging domba, tomat, chickpea dan berbagai rempah-rempah sebagai bumbunya. Makanan ini adalah makanan favorit masyarakat di Afrika Utara, khususnya Maroko. Karena memiliki nilai gizi yang tinggi, makanan ini pun banyak digunakan sebagai menu berbyuka puasa.


Nah itulah beberapa jenis makanan khas dari berbagai negara yang hanya ada pada saat bulan puasa saja. Apakah Anda penasaran ingin mencoba rasanya? Jika memiliki waktu mengunjungi negara-negara tersebut, jangan lupa untuk mencoba menyantapnya ya. Atau mungkin ingin membuatnya sendiri dirumah? Maka Anda harus mempelajari dahulu resepnya. Hehehe
Terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "6 Makanan Khas Saat Ramadhan Di Dunia"

Post a Comment