Lazada Indonesia

Kelompok Vitamin B Kompleks Dan Manfaatnya


Vitamin B Kompleks merupakan sekumpulan Vitamin B yang memiliki peran penting masing-masing bagi tubuh. Kelompok vitamin ini merupakan juga salah satu kelompok vitamin yang mudah larut dalam air. Vitamin B Kompleks bekerja saling bersinergi didalam tubuh, jika tubuh kekurangan salah satu dari kelompok Vitamin B Kompleks ini maka akan terjadi ketidakseimbangan didalam tubuh, namun jika tubuh Anda kelebihan Vitamin B Kompleks ini tidak akan menjadi masalah, karena sisa kelebihannya akan dikumpulkan dan kemudian akan ikut terbuang melalui urin. 

Vitamin B Kompleks harus didapatkan tubuh pada setiap harinya, karena tubuh tidak mampu menyimpan dan memproduksi sendiri Vitamin B Kompleks ini. 

Vitamin B Kompleks dapat diperoleh dengan mengonsumsi berbagai jenis makanan yang bersumber pada nabati dan hewani. Bagi kelompok diet vegetarian, adalah kelompok yang paling memungkinkan untuk tubuhnya kekurangan Vitamin B Kompleks ini, oleh karena itu bisa digantikan dengan mengonsumsi makanan suplemen untuk memenuhi kebutuhan tubuh setiap harinya.
Berikut beberapa jenis vitamin yang dikelompokkan dalam kelompok Vitamin B Kompleks, yaitu :
  • Vitamin B1 atau disebut dengan tiamin
  • Vitamin B2 atau disebut dengan riboflavin
  • Vitamin B3 atau disebut dengan niasin, yang termasuk juga didalamnya asam nikotinat dan nikotinamida
  • Vitamin B5 atau disebut dengan asam pantotenat
  • Vitamin B6 atau disebut dengan piridoksin
  • Vitamin B7 atau disebut dengan biotin, atau lebih dikenal sebagai Vitamin H 
  • Vitamin B9 atau disebut dengan asam folat, atau lebih dikenal juga sebagai Vitamin M dan  juga sebagai Vitamin B-c
  • Vitamin B12 atau disebut dengan kobalamin
Seperti halnya vitamin yang lain, Vitamin B Kompleks ini juga memiliki banyak manfaat yang baik bagi tubuh, beberapa manfaat yang didapat antara lain :
  1. Membantu proses metabolisme tubuh, yiatu mampu membantu proses pencernaan dalam tubuh dan membantu proses produksi asam klorida yang berfungsi untuk memecah lemak, protein dan karbohidrat. Dalam hal ini adalah kelompok vitamin B1, B2, B3 dan B6. Jika kekurangan kelompok vitamin ini dapat menyebabkan penyakit pencernaan.
  2. Meningkatkan energi, sumber energi tubuh ini diproduksi melalui bantuan Vitamin B Kompleks yang mengkonversi karbohidrat menjadi glukossa, sehingga dapat menjadi energi yang diperlukan oleh tubuh. Jika kekurangan energi maka tubuh akan menjadi cepat lelah.
  3. Meningkatkan fungsi otak, peran yang dimiliki oleh Vitamin B Kompleks ini salah satunya juga untuk meningkatkan kinerja dan fungsi otak kita terutama pada fungsi memori dan untuk konsentrasi. 
  4. Mencegah penuaan dini, Vitamin B Kompleks juga memiliki peran untuk kesehatan kulit, rambut dan kuku. Jika kekurangan Vitamin B Kompleks maka akan menyebabkan beberapa gangguan seperti bibir pecah-pecah, ketombe, kulit kering, dermatitis, kulit cepat keriput dan kulit menjadi berminyak.

Nah demikian beberapa penjelasan tentang Vitamin B Kompleks dan manfaatnya yang sangat penting untuk keseimbangan kesehatan bagi tubuh kita. Penuhilah selalu kebutuhan vitamin untuk tubuh Anda setiap harinya, agar tubuh kita selalu fit dan bugar untuk menjalankan aktivitas setiap hari. Terimakasih



Related Posts:

1 Response to "Kelompok Vitamin B Kompleks Dan Manfaatnya"

  1. Vitamin memang merupakan zat gizi yang harus dikonsumsi kita semua. Terima kasih informasinya gan.
    Purity Vitamin

    ReplyDelete