Lazada Indonesia

Vitamin D dan Manfaatnya


Vitamin D atau biasa disebut dengan kalsiferol, merupakan salah satu vitamin yang dapat larut didalam lemak. Vitamin D sangat berguna bagi tubuh, terutama dalam pembentukan tulang dan gigi kita. 

Vitamin D dapat ditemukan pada beberapa jenis makanan, seperti ikan tuna, jeruk, brokoli, tomat, stroberi, biji bunga matahari dan sayuran hijau lainnya. Selain itu Vitamin D juga dapat Anda dapatkan dari sinar matahari pagi, terutama bagi balita. Karena sinar matahari pagi sangat berguna bagi pertumbuhan tulang balita, kebanyakan orang menjemur bayi-bayi mereka saat pagi hari untuk mendapatkan Vitamin D terbaik bagi buah hati mereka.

Vitamin D merupakan satu-satunya vitamin yang diproduksi sendiri oleh tubuh, saat tubuh terkena sinar matahari beberapa senyawa yang didapatkan akan diubah menjadi senyawa kalsitrol yang merupakan senyawa aktif dari Vitamin D itu sendiri. Proses prosuksi tersebut diproses didalam ginjal, kemudian disebarkan ke beberapa bagian tubuh yang paling membutuhkan, yaitu tulang dan gigi.
Berikut pemaparan beberapa manfaat yang didapat dari Vitamin D, yaitu :

  1. Menjaga kesehatan kulitVitamin D dapat meremajakan kulit Anda dengan baik, yaitu dengan teratur mengonsumsi telur, ikan dan margarin. Sehingga tubuh Anda tidak kekurangan akan Vitamin D tersebut. Selain bersumber pada makanan, Vitamin D juga terdapat pada beberapa alat kosmetik, oleh karena itu check dahulu kandungan yang terdapat dalam alat kosmetik tersebut sebelum membelinya. Agar tidak membahayakan kesehatan kulit Anda nantinya.
  2. Menjaga kekebalan tubuh, agar tubuh tidak mudah terserang penyakit maka jagalah tubuh Anda agar tidak kekurangan Vitamin D. Seperti telah dijelaskan sebelumnya bahwa Vitamin D mengandung senyawa yang disebut kalsitrol, senyawa ini bekerja dalam penyerapan kalsium ke dalam tulang dan otot, selain itu senyawa kalsitrol juga berperan sebagai modulator imun yang menjaga kekebalan tubuh terhadap serangan penyakit.
  3. Membantu menyembuhkan rakhitis, osteomalacia dan osteoporosis, penyebab utama penyakir ini karena tidak normalnya fungsi pembentukan lapisan mineral pada tulang, sehingga tulang menjadi lunak, mudah retak dan akhirnya patah. Rakhitis umumnya menyerang pada anak-anak, sedangkan osteomalacia menyerang pada orang dewasa, dan pada orang yang telah lanjut usia akan terserang osteoporosis. Untuk proses penyembuhan harus rutin mengonsumsi asupan sumber Vitamin D dan juga mengambil langsung dari paparan sinar matahari.
  4. Mencegah kanker payudara, peran Vitamin D menurut beberapa ahli dpat membantu menghambat pertumbuhan sel-sel kanker pada payudara wanita, rutinlah mengonsumsi sayuran hijau dan buah-buahan atau bisa juga Anda tambahkan dengan mengonsumsi beberapa suplemen Vitamin D yang tersedia di apotik-apotik terdekat.
Nah demikian informasi yang bisa saya bagikan dalam kesempatan kali ini, semoga bermanfaat bagi kita semua untuk bisa lebih menjaga kesehatan tubuh agar dapat terhindar dari berbagai jenis penyakit yang mungkin dapat menyerabg tubuh kita kapan saja. Terimakasih.

Related Posts:

0 Response to "Vitamin D dan Manfaatnya"

Post a Comment