Lazada Indonesia

Jambu Biji Dan Manfaatnya Bagi Tubuh


Siapa yang tidak mengenal jenis jambu yang satu ini, yaitu jambu biji daging merah. Di Indonesia jenis jambu ini juga sering disebut sebagai jambu klutuk, karena saat dimakan beserta biji-biji kecilnya akan berbunyi klutuk-klutuk didalam mulut..hehehe..

Jambu biji daging merah ini sebenarnya berasal dari negara Brasil, karena buah ini akan tumbuh subur pada daerah yang memiliki iklim tropis dan Indonesia menjadi salah satu daerah yang menjadi penyebaran jenis jambu biji ini.

Selain berdaging merah, jambu ini juga ada yang berdaging putih, namun tidak memiliki perbedaan rasa antara keduanya. Beberapa jenis jambu biji sebenarnya ada 3 jenis, yaitu :

  1. Jambu biji kristal Taiwan, jenis jambu ini berasal sesuai dengan namanya, yaitu dari Taiwan. Keunikan jambu biji ini adalah sedikitnya biiji yang terdapat didalam buah atau jika dihitung hanya berjumlah sekitar 3% dari biji jambu biasanya.
  2. Jambu biji Tanjung Barat, jambu ini memiliki 2 varian yaitu yang berdaging merah dan yang berdaging putih susu. Namun kebanyakan orang lebih suka mengkonsumsi yang berdaging putih, karena yang berdaging merah cepat mengalami pembusukan. 
  3. Jambu Bangkok, jambu super dengan diameter sekitar 10 cm, uniknya jambu ini memiliki ukuran yang bisa dibilang lebih besar dibandingkan pada saat jambu ini telah matang.
Baca juga tentang minum jus dan aturannya

Jambu biji juga kaya akan vitamin yang terkandung didalamnya, sehingga sangat bermanfaat bagi kesehatan tubuh kita, diantaranya :
  • Sebagai obat tradisional radang tenggorokan, sifat buah ini yang anti-infeksi dan kandungan tinggi Vitamin C-nya dapat membantu proses penyembuhan radang tenggorokan
  • Membantu mengobati diabetes, jambu biji juga memiliki kandungan serat untuk meminimalisir kadar gula dalam darah
  • Daun jambu biji dapat menyembuhkan demam berdarah, ternyata bukan saja buahnya yang mengandung banyak manfaat bagi tubuh, tapi juga daunnya memiliki manfaat untuk menambah jumlah sel darah putih pada penderita demam berdarah
  • Pencegah kanker, jambu biji juga memiliki sifat anti-oksidan yang tinggi, sehingga sangat berguna sebagai pencegah pertumbuhan sel-sel kanker dalam tubuh
Cukup banyak bukan manfaat dari jambu biji? Anda juga sebaiknya rutin mengkonsumsi buah ini, tentu saja untuk mejaga kesehatan tubuh dari berbagai macam penyakit yang mengancam tubuh kita setiap saat.

Related Posts:

1 Response to "Jambu Biji Dan Manfaatnya Bagi Tubuh"

  1. Untungnya di sekolahanku menanam jambu biji ini, jadi saya sangat mudah mendapatkannya alami langsung petik. Terimakasih postingannya sangat berharga.

    ReplyDelete