Lazada Indonesia

6 Masakan Khas Bali

1. Bebek Betutu


Konon inilah masakan kesukaan para raja di Bali. Cara memasaknya cukup unik, yaitu dengan memijat-mijat daging bebek yang telah dibumbui. Karena dengan memijat-mijat daging bebek dapat membuat daging bebek menjadi empuk dan bumbunya pun meresap hingga ke tulang bebek. Setelah dipijat, daging bebek dibungkus dengan daun pisang atau daun pinang dan kemudian dipanggang dalam api sekam. Bebek betutu biasaanya hanya digunakan dalam upacara adat atau upacara keagamaan. Selain bebek betutu, ada juga ayam betutu dengan cara memasak yang sama.

2. Sate Lilit


Sate lilit dibuat dari ikan yang telah dihaluskan lalu diberi tepung serta bumbu-bumbu khas Bali, sehingga bukan hanya enak, tapi juga makanan yang sehat karena sate lilit rendah lemak. Cara membuatnya dengan cara melilitkan daging ikan pada batang serai, sehingga membuat rasanya sangat khas, yaitu bercampur antara pedas, wangi, manis dan gurih dengan aroma dari batang serai.


3. Bubur Mengguh


Masakan ini merupakan bubur khas dari Bali Utara yaitu daerah Buleleng, bubur ini sering disajikan dalam upacara adat. Bubur mengguh terbuat dari beras dan santan yang disajikan dengan ayam suwir yang dibumbui, lalu disiram dengan kuah ayam kental dan juga dengan urap sayur yang disajikan terpisah.


4. Serombotan


Masakan ini merupakan sayuran khas daerah Klungkung, Bali. Yaitu berupa lalapan sayur seperti kangkung, kacang panjang dan kubis yang diberi bumbu yang disebut kalas. Kalas inilah yang menjadi ciri khas Serombotan, yaitu santan yang diberi kunyit tumbuk, lengkuas, bawang merah, bawang putih, ketumbar dan sedikit kencur. Lalu dimasak hingga kental dan sajikan dengan bumbu kacang dan bumbu pedas yang dicampur merata.


5. Nasi Jinggo


Nasi jinggo berupa nasi putih seukuran kepalan tangan yang disajikan dalam bungkus daun pisang, dengan lauk pauk dan sambal. Lauk pauk yang digunakan biasanya adalah sambal goreng, tempe, serundeng dan ayam suwir. Awal nya kata jinggo berasal dari bahasa Hokkien, yaitu jeng go yang berarti 1.500, sebelum krisis moneter tahun 1997, nasi ini memang dijual dengan 1.500 per porsi.


6. Lawar


Masakan ini berupa campuran sayur-sayuran yang direbus, kelapa yang dipanggang dan daging cincang yang dibumbui. Biasanya daging yanag digunakan adalah daging sapi, babi, ayam, itik dan penyu. Sedangkan sayurnya adalah buah nangka muda, pepaya muda, daun jarak dan kacang-kacangan. Lawar biasanya dinamai sesuai dengan daging yang digunakan.




Lazada Indonesia


Sumber Gambar :
  1. http://dutaindonesia.asia/foto_produk/43bebek%20betutu.jpg
  2. http://besstravel.com/wp-content/uploads/2014/08/Nasi-Jinggo.jpg
  3. http://www.baliguides.info/sites/default/files/lawar-bali.jpg
  4. http://klikhotel.com/blog/wp-content/uploads/2014/08/resep-Bubur-Mengguh1.jpg
  5. http://www.balivillarupiah.com/gambar/5615srombotan.jpg
  6. http://indonesiawow.com/wp-content/uploads/2014/03/sate_lilit.jpg

Related Posts:

0 Response to "6 Masakan Khas Bali"

Post a Comment