Lazada Indonesia

6 Jembatan Terpanjang Di Dunia

1. Hangzhou Bay Bridge, Tiongkok


Hangzhou Bay Bridge adalah jembatan yang menghubungkan antara kota Jiaxing dan Ningbo di Provinsi Zhengjiang, Tiongkok. Jembatan ini merupakan jembatan jalan raya yang terletak di seberang teluk Hangzhou di wilayah pantai timur Tiongkok. Jembatan yang tahap pembangunannya selesai pada tanggal 14 juni 2007 ini baru benar-benar dibuka untuk umum pada tanggal 1 Mei 2008 setelah melalui beberapa waktu pengujian dan evaluasi standar kelayakan jalan. Dengan dibangunnya jembatan ini maka akan memperpendek jarak perjalanan antara jalan raya Ningbo dan Sanghai dari semula 400 kilometer menjadi 80 kilometer dengan jarak tempuh menjadi 1 jam saja.



2. Jiaozhou Bay Bridge, Tiongkok


Meskipun Jiaozhou Bay Bridge secara teknis adalah jembatan terpanjang di atas air, namun tidak semua bagian jembatan menyeberangi perairan. Guinness World Records membagi dua kategori untuk jembatan terpanjang yang melintas di atas air, yang pertama melintas secara kontinyu di atas air dan yang kedua adalah pajang secara keseluruhan. Jembatan yang menghubungkan kota Qingdao dan Huangdao ini masuk dalam kategori jembatan terpanjang di atas air secara keseluruhan, sedangkan jembatan terpanjang di atas air secara kontinyu dipegang oleh Lake Pontchartrain Causeway di Amerika Serikat. Panjang jembatan ini mencapai 41,58 kilometer yang berguna memperpendek jarak dua kota tersebut menjadi 30 kilometer saja.



3. Danyang Kunshan Grand Bridge, Tiongkok

Danyang Kunshan Grand Bridge

Jika ada jembatan yang masuk dalam buku Guinness World Records sebagai jembatan terpanjang di dunia maka Danyang Kunshan Grand Bridge lah nama jembatan itu. Jembatan yang berada di jalur rel antara Shanghai dan Nanjing di provinsi Jiangsu Tiongkok Timur melintasi sungai Yangtze ini memiliki panjang 164,8 kilometer. Pembangunan jembatan ini menghabiskan dana sebesar 3,5 miliar dollar dan baru selesai pada tahun 2010, selain itu untuk membangun jembatan fenomenal ini pemerinah Tiongkok membutuhkan 10.000 pekerja yang bahu membahu menyelesaikan pembangunan tepat waktu dengan standar keamanan yang tinggi. Namun demikian jembatan ini baru resmi dibuka untuk umum pada tahun 2011.



4. Tianjin Grand Bridge, Tiongkok


Tianjin Grand Bridge bukanlah jembatan pada umumnya yang dilewati oleh kendaraan bermotor baik mobil ataupun sepeda motor. Jembatan yang membentang antara Langfang dan Qingxian, bagian dari Beijing- Shanghai ini adalah jembatan kereta api berkecepatan tinggi di Tiongkok. Pada tahun 2011 Guinness World Records mencatanya sebagai jembatan terpanjang kedua di dunia dibelakang saudaranya, Danyang Kunshan Grand Bridge yang sama-sama berada di Tiongkok. Panjang total jembatan ini adalah sekitar 113,7 kilometer dan konstruksinya baru selesai pada tahun 2010.



5. Bang Na Expressway, Thailand


Bang Na Expressway atau yang memiliki nama lengkap Bang Na - Bang Phli - Bang pakong Expressway memiliki panjang 55 kilometer membentang dari Bang Na hingga Bang Pakong adalah jembatan terpanjang di Thailand yang juga berfungsi sebagai jalan tol. Didesain oleh Jean Muller Internasional, jembatan ini pernah memegang rekor sebagai jembatan terpanjang di dunia sebelum dikalahkan oleh Weihe Grand Bridge di Tiongkok pada tahun 2008. Namun pada tahun 2010, jembatan yang terbagi menjadi enam jalur jalan layang ini dicoret dari daftar jembatan terpanjang karena sebagian besar badan jembatan tidak menyeberangi air dan hanya sebagian saja yang melintasi sungai Bang Pakong. Untuk membangun jembatan ini dibutuhkan 1,8 juta meter kubik beton dan selesai dibangun pada bulan Maret tahun 2000.



6. Lake Pontchartrain Causeway, Amerika Serikat


Lake Pontchartrain Causeway, atau lebih sering disebut Causeway saja oleh warga lokal adalah jembatan yang melintasi danau Pontchartrain di selatan Louisiana, Amerika Serikat. Jembatan ini terdiri dari dua jembatan paralel yang memiliki panjang 38,35 kilometer dan menjadikannya jembatan yang keseluruhan badannya berada di atas air terpanjang di dunia. Gelar ini sudah di catat oleh Guinness World Records sejak tahun 1969. Sejak awal pembangunannya, jembatan ini berfungsi sebagai jembatan tol. Pembukaan Causeway sendiri memberikan efek positif bagi warga di sekitar jembatan. Mereka dapat menghemat waktu hingga 50 menit ketika ingin menuju New Orleans dengan melewati jembatan ini. Tentu hal ini juga berdampak pada peningkatan produktifitas warga yang pada akhirnya turut meningkatkan ekonomi di daerah tersebut meningkatkan secara signifikan.







Sumber Gambar :
  1. http://www.whatsonningbo.com/travel_images/aab8802dd33bfd20_Hangzhou%20Bay%20Bridge1.jpg
  2. http://www.topnews.in/law/files/ingdao-jiaozhou.jpg
  3. http://dizzyfunland.com/wp-content/uploads/2014/12/Danyang-Kunshan-Grand-Bridge.jpg
  4. http://hypescience.com/wp-content/uploads/2013/05/531.jpg
  5. http://static.panoramio.com/photos/large/17796131.jpg
  6. http://travelingyuk.com/wp-content/uploads/2014/11/Causeway_johnsonmatel.com_.jpg

Related Posts:

0 Response to "6 Jembatan Terpanjang Di Dunia"

Post a Comment