Lazada Indonesia

6 Tanaman Obat Yang Ada Disekitar Kita

1. Dandelion



Dandelion biasa juga di sebut si rumput liar, tanaman ini mengandung kalium yang memiliki efek diuretik sehingga dapat menghilangkan batu ginjal. Selain kalium, dandelion juga mengandung zat kuratif yang sangat baik untuk mengobati gangguan metabolisme. Karena vitamin A dan C yang dikandung, tanaman ini juga dikenal sebagai anti-okosidan dan anti-kanker. Dandeloin dapat di konsumsi sebagai minuman atau salad.


2. Lavender


Selain aromanya, lavender juga memiliki sifat anti-inflamasi dan anti-septik. Selain itu sangat dianjurkan untuk mengkonsumsi teh lavender untuk menghilangkan stres, mengatasi sakit kepala dan menghilangkan kecemasan. Untuk masalah insomnia dapat diatasi dengan beberapa tetes minyak lavender yang diteteskan ke bantal, selain itu minyak lavender juga sangat ampuh mengobati luka bakar dengan cara campurkan minyak lavender dalam air hangat, lalu oleskan di daerah yang terluka. Minyak lavender juga dapat digunakan untuk memperkuat akar rambut.


3. Rosemary


Rosemary seperti halnya lavender, juga dapat digunakan sebagai aromaterapi. Rosemary mengandung serangkaian elemen sekunder seperti asam carnosol dan carnosic yang dapat mengurangi resiko penyakit Alzheimer. Jika digunakan sebagai parfum, aroma rosemary dapat memberikan efek menenangkan. Karena sifatnya yang anti-septik, rosemary dapat mengatasi influenza, asma, bronkitis, sembelit, sakit kepala, polip, batuk, nyeri otot, memperbaiki pencernaan, melawan obesitas dan penyakit hati. Rosemary dapat dikonsumsi sebagai minuman teh, sirup dan dalam bentuk kapsul.


4. Lidah Buaya


Inilah salah satu tanaman rahasia Cleopatra untuk menjaga kulitnya agar tetap lembut. Jel yang dikandung tanaman lidah buaya sudah digunakan selama bertahun-tahun untuk mengobati luka bakar dan infeksi kulit. Lidah buaya mengandung vitamin C dan E, serta mineral yang dibutuhkan untuk menyembuhkan berbagai penyakit kulit. Selain itu lidah buaya juga mangandung anti-jamur dan anti-bakteri yang dapat membantu untuk mencegah infeksi. Para ahli juga mengatakan lidah buaya dapat mengurangi peradangan kulit, meringankan sembelit, mengobati mulas da sindrom iritasi usus besar.


5. Seledri


Tanaman ini memiliki minyak astiri yang didapat dengan cara mengekstraknya, yang digunakan untuk tujuan pengobatan dan juga digunakan sebagai bahan pembuatan parfum. Selain sebagai bumbu dapur, akar serta daun dan biji seledri dapat digunakan untuk tujuan terapeutik dalam mengobati dan mencegah penyakit. Selain itu juga sangat efektif untuk menambah nafsu makan.


6. Bunga Matahari


Tanaman ini telah lama digunakan sebagai obat batuk dan flu, bunganya dapat digunakan menjadi teh yang digunakan untuk penyakit paru-paru dan malaria. Daun bunga matahari juga dapat digunakan untuk menurunkan demam yang tinggi.






Lazada Indonesia
Sumber Gambar :
  1. http://media.mnn.com/sites/default/files/main_dandelion_th.jpg
  2. http://www.insitebrazosvalley.com/storage/july-2014-eblast/lavender.jpg?__SQUARESPACE_CACHEVERSION=1407180031000
  3. http://www.bebeja.com/wp-content/themes/_linepress/timthumb.php?src=http://www.bebeja.com/wp-content/uploads/2013/02/seledri.jpg&q=90&w=619&zc=1
  4. http://www.grow-it-organically.com/images/rosemary-tuscan01-lg.jpg
  5. http://www.spicesmedicinalherbs.com/img/aloe-vera.jpg
  6. http://www.fabiovisentin.com/photography/photo/4/sun-flower_3314.jpg

Related Posts:

0 Response to "6 Tanaman Obat Yang Ada Disekitar Kita"

Post a Comment