Lazada Indonesia

6 Menara Jam Tertinggi

1. Big Ben, London



Inilah menara yang paling terkenal dari semua menara jam yang dahulu dikenal dengan julukan Big Ben, karena sekarang telah berganti nama menjadi Menara Elizabeth untuk menghormati Ratu Inggris Diamond Jubilee. Awalnya menara jam ini adalah lonceng yang diusung dengan julukan Big Ben kareba ukurannya yang mengesankan dan suara lonceng yang terdengar sangat keras, menara ini diresmikan pada tahun 1859. Hanya penduduk Inggris saja yang dapat masuk dan melihat-lihat isi didalam menara tersebut.


2. Abraj Al-Bait Towers, Mekkah



Menara jam ini sangat baru dibandingkan dengan yang lain, menara ini memiliki tinggi lebih dari 1.900 kqki dan diameter wajah jamnya 151 kaki. Menara ini terletak di kota Mekkah dan selesai dibangun pada tahun 2012. Menara ini memegang 2 rekor, yaitu menara jam tertinggi di dunia dan menara jam dengan wajah terbesar. Menara jam ini menggunakan LED sebagai pencahayaannya dan di bawah jam dibuatkan dek sebagai tempat untuk melihat pemandangan kota.


3. Rathaus Glockenspiel, Munich


Inilah menara terunik yang terletak di kota Munich dan dibangun pada abad ke-20, karena menara ini memiliki 43 lonceng dan lebih dari 30 angka mekanis berukuran penuh. Angka-angka tersebut digunakan sebagai adegan dalam sejarah Jerman dan mitologi, pernikahan kerajaan, turnamen jousting dan mitos Jerman yang menceritakan bagaimana orang-orang menari dijalanan untuk mengusir wabah kegelapan. Adegan angka-angka mekanis itu ditampilkan setiap hari pada jam 11.00, sedangkan pada saat musim panas akan ditambahkan saat pagi hari pada jam 05.00 dan siang hari juga.


4. Zytlogge, Bern


Menara ini berdesain era abad pertengahan sekitar tahun 1500, terletak di kota Bern, Swiss. Menara Zytlogge merupak menara jam astronomi yang unik dan telah menjadi fixture dikota tersebut. Loncengnya saja seberat 3.000 pon, selain itu menara ini memiliki 2 wajah, yaitu jam utama yang lebih besar dan jam astronomi dengan wajah yang lebih kecil. Menara ini telah ditetapkan oleh UNESCO sebagai situs warisan dunia.


5. Kremlin Chimes, Moscow



Menara ini juga memiliki suara lonceng yang khas, karena jamnya berada pada sebuah menara yang dibangun pada akhir tahun 1400-an. Pada puncak menara dipasang bintang berujung lima yang selalu diberi cahaya dan bergerak sesuai arah angin seperti baling-naling cuaca.


6. Rajabai Clock Tower, Mumbai



Menara ini memiliki tinggi sekitar 200 kaki, terletak di kampus Universitas Mumbai dan dibangun pada abad pertengahan ke-19. Menara ini sebenarnya mirip seperti Big Ben di London, Ceritanya, seorang pengusaha kaya Premcand Roychand ingin mengingatkan ibunya yang buta dengan arloji bernama Rajabai, agar bisa memberitahu waktu dengan menggunakan lonceng jam tersebut.



Lazada Indonesia



Sumber Gambar :

  1. http://www.all-free-photos.com/images/londres/PI67079-hr.jpg
  2. http://i.dawn.com/primary/2013/11/528336efa1e78.jpg
  3. http://images2.mygola.com/neues-rathaus-munich-city-hall_2144202_l.jpg
  4. https://www.bellevue-palace.ch/getattachment/c6bef8c4-e637-45d3-93e3-8168e697a7a2/Zytglogge-jpg/
  5. http://media.mnn.com/sites/default/files/styles/featured_blog/public/kremlin_chimes_spasskaya_tower.jpg
  6. http://media.lonelyplanet.in/wp-content/uploads/2014/08/Rajabai-Clock-Tower-the-Oval-maidan-copy.jpg

Related Posts:

0 Response to "6 Menara Jam Tertinggi"

Post a Comment